Foto Foto Candi Jawi Pandaan Pasuruan

Advertisement




Berikut ini foto foto Candi Jawi Pandaan yang saya foto sendiri. Candi jawi merupakan candi yang didirikan pada abad ke 13. Jika anda ingin sekedar melihat lihat dan berfoto foto, Candi Jawi terletak di jalan raya ke arah tretes, tepatnya kanan jalan apabila dari arah pandaan. Lokasinya yang strategis di kanan jalan utama sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari peninggalan sejarah ini.

Untuk masuk disini rupa rupanya tidak dikenakan biaya alias gratis, hanya membayar biaya parkir saja yang saya kira sama saja dengan parkir parkir biasanya.

Jika dibandingkan dengan salah satu candi yang cukup dekat dengan kawasan pandaan, yaitu Candi Pari di kawasan Sawahan Porong Sidoarjo, Candi Jawi cukup terlihat menarik dan lebih indah bentuknya.

Menurut wikipedia 
Candi Jawi (nama asli: Jajawa) adalah candi yang dibangun sekitar abad ke-13 dan merupakan peninggalan bersejarah Hindu-Buddha Kerajaan Singhasari yang terletak di terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia, sekitar 31 kilometer dari kota Pasuruan.[1] Candi ini terletak di pertengahan jalan raya antara Kecamatan Pandaan - Kecamatan Prigen dan Pringebukan. Candi Jawi banyak dikira sebagai tempat pemujaan atau tempat peribadatan Buddha, namun sebenarnya merupakan tempat pedharmaan atau penyimpanan abu dari raja terakhir Singhasari, Kertanegara. Sebagian dari abu tersebut juga disimpan pada Candi Singhasari. Kedua candi ini ada hubungannya dengan Candi Jago yang merupakan tempat peribadatan Raja Kertanegara.




















Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar